Sejarah Kompas


Halo semuanya! Selamat datang di Geo Media Indonesia!

Kompas Ternyata Menunjukkan Reaksi Berbeda di Kutub Selatan ... 
(gambar ilustrasi kompas)  

Hari ini kita akan belajar tentang sejarah kompas. Mulai dari penemuan kompas pertama kali hingga berevolusi menjadi Kompas Brunton sebagai standar geologi yang saat ini digunakan para geologist. Namun sebelum itu alangkah baiknya jika kita bahas tentang pengertian kompas itu sendiri.

Kompas adalah sebuah alat navigasi untuk menentukan arah. Kompas bentuknya berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi.

Peran Teknologi Navigasi Halaman 1 - Kompasiana.com 
(gambar ilustrasi kompas saat ini digunakan dalam navigasi)

Kompas pertama kali ditemukan sebagai perlengkapan untuk ramalan pada awal Dinasti Han Tiongkok, sekitar tahun 206 SM. Hal ini diuraikan dalam buku Loven Heng. Pada abad kesembilan, orang Tiongkok telah mengembangkan kompas berupa jarum yang mengambang dan jarum yang berputar. Pada mulanya, kompas pertama dibuat dari bahan bijih besi. Kompas tersebut menunjukan arah utara, selatan, timur, dan barat dengan menggunakan petunjuk magnet.

Han Xin, pemuda miskin yang menjadi Jendral pendiri Dinasti Han ... 
(gambar ilustrasi dinasti han)

Kompas kemudian digunakan untuk navigasi oleh Dinasti Song pada abad ke-11. Hingga akhirnya Pelaut Persia memperoleh kompas dari orang Tiongkok dan kemudian memperdagangkannya. Penggunaan pertama kompas yang tercatat di Eropa Barat dan Persia terjadi sekitar awal abad ke-13. Benda tersebut merupakan salah satu dari 4 penemuan besar China kuno. Sejak saat itu juga, kompas kemudian mulai digunakan oleh bangsa lain, seperti Eropa, India, dan Arab.

File:Song Taizu, 0.jpg - Wikimedia Commons 
(gambar ilustrasi dinasti song)

Pada tahun 1877, William Thomson, orang berkebangsaan Inggris membuat kompas yang dapat diterima oleh semua negara. Ia memperbaiki kekurangan-kekurangan yang timbul dari penyimpangan magnetik karena meningkatnya penggunaan besi dalam kapal. Akhirnya, kompas pun semakin berkembang dari masa ke masa dengan berbagai macam bentuk, seperti kompas analog, kompas digital, dan lain-lain.

William Thomson, 1st Baron Kelvin - Wikipedia bahasa Indonesia ... 
(gambar Wiliam Thomson)
 
Lalu, apa itu Kompas Brunton?

Kompas brunton adalah jenis kompas yang diproduksi oleh Perusahaan Brunton, yang terletak di Wyoming, Amerika Serikat. Brunton memiliki reputasi yang kuat bahwa kompas generik dalam desain serupa sering disebut sebagai Bruntons meskipun Brunton sebenarnya adalah nama merek dagang dicadangkan untuk digunakan pada produk yang dibuat oleh perusahaan senama. Banyak pemasok kompas dan perlengkapan untuk penggemar alam luar dan berbagai Kompas Brunton untuk stok ahli geologi. Sementara itu cenderung mahal, beberapa orang berpikir bahwa mereka perlu mengeluarkan biaya ekstra. Desain ini kompas dikembangkan pada akhir abad ke-19 oleh seorang insinyur Kanada, DW Brunton.

David William Brunton - Western History - Denver Public Library ...
(gambar David William Brunton)

Kisah Kompas Brunton dimulai pada 1894, ketika avid outdoorsman DW Brunton mulai merancang peralatan untuk para profesional di luar ruangan. Pendekatan inovatif yang disebut untuk gear ringan dengan daya tahan maksimum. Kecerdikan ini melambungkan produk tersebut kepada barisan depan peralatan luar ruangan Amerika, Brunton Kompas telah mengambil bentuk sebagai merek untuk avid adventurer.

Pada tahun 1895, David W. Brunton, seorang ahli geologi kelahiran Kanada dan insinyur pertambangan, William Ainsworth, mendirikan sebuah  perusahaan yang paling terkenal karena produk yang paling awal, yaitu Brunton Pocket Transit, kompas dan alat ukur yang digunakan oleh ahli geologi , ahli kehutanan, surveyor, dan arkeolog. Produk ini seringkali hanya disebut "Brunton". Hingga akhirnya sebuah produk Pocket Transit pertama kali dipatenkan pada tahun 1894 oleh David Brunton, yang menugaskan William Ainsworth & Sons untuk memproduksi penemuannya di Denver, Colorado. Perusahaan ini kemudian dimasukkan sebagai William Ainsworth Inc dan selama bertahun-tahun menghasilkan Pocket Transit bersama dengan survei transit, Theodolit, dan instrumen lainnya.

Brunton InductionDamped Internationa... | Forestry Suppliers, Inc.
(gambar kompas brunton)

Pada tahun 1965, William Ainsworth Inc dimiliki oleh serangkaian konglomerat perusahaan, dengan kualitas produknya yang bervariasi. Pada tahun 1972, sebuah grup Riverton, Wyoming membeli perusahaan dan membentuk Brunton Inc. Lalu perusahaan ini pindah ke Riverton, Wyoming di mana ia mulai memproduksi seri baru rekreasi luar kompas, pisau berburu, dan teropong di samping Pocket Brunton Transit.

Pada tahun 1996, perusahaan ini diakuisisi oleh Silva Swedia AB, produsen berbasis di Swedia asli merek kompas Silva. Awalnya, Brunton mulai menjual Silva Swedia kompas dan perangkat GPS diimpor dari Swedia di bawah Elite Pro Elite, Nexus, dan label MNS setelah Johnson Outdoors mempertahankan hak eksklusif untuk nama merek Silva di Amerika Utara. Brunton juga mulai sourcing beberapa model kompas dari Asia.
Brunton Logo Vector (.EPS) Free Download
 (gambar logo Perusahaan Brunton)

Pada tahun 2006, perusahaan induk Brunton, Silva Group, pada gilirannya diakuisisi oleh Finlandia Fiskars Corporation, dan bersama dengan sisa Silva Group, Brunton menjadi bagian divisi bisnis dari Fiskars, yang juga termasuk Blades legendaris Gerber. Pada 2009, Brunton, Inc mempekerjakan sekitar 40 orang. 

Hingga akhirnya, saat ini Kompas Brunton menjadi standar umum kompas geologi yang digunakan oleh para geologist

Brunton Outdoor Inc. Celebrates 125th Anniversary With New ... 
(gambar kompas brunton sebagai standar geologi)

Jadi, hal diatas merupakan artikel tentang sejarah kompas, yang awal mulanya digunakan sebagai alat navigasi, hingga berevolusi menjadi kompas geologi brunton. Kami meminta maaf apabila masih ada kesalahan atau kekurangan dalam menulis artikel ini. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua!

Apabila ada hal yang perlu kita bahas atau jika mengalami kesulitan dalam mendownload file di web ini, silakan hubungi via email ke geomedia.indo@gmail.com

Terima kasih semuanya!


Comments

Popular posts from this blog

AlpineQuest Pro Paid v2.2.4 (terbaru) Free Download

Hukum V

Mobile Topographer Pro v14.0 (terbaru) Free Download