Hukum V

Halo semuanya! Selamat datang di Geo Media Indonesia! 

(gambar ilustrasi hukum v) 

Pada kesempatan ini, kita akan belajar tentang Hukum V. Mengingat timbulnya beberapa pertanyaan, Apa itu Hukum V? Apa kegunaan Hukum V? dan sebagainya. Untuk itu, mari kita bersama-sama menyimak artikel ini! 

Pada dasarnya, penyebaran suatu lapisan pada singkapan batuan dapat diperkirakan dari hubungan antara kedudukan lapisan batuan tersebut dengan kontur topografinya. Hal tersebut diatur dalam Hukum V

Secara istilah, hukum V merupakan hukum geologi yang menjelaskan hubungan antara lapisan yang mempunyai kemiringan dengan topografi ber-relief dan kenampakannya jika dilihat dari atas atau dari udara.

Hukum V digunakan untuk mengetahui pola penyebaran dari singkapan batuan, yang nantinya akan memudahkan kita saat menentukan ke arah mana singkapan itu berlanjut.

Hukum V sangatlah membantu para geologist untuk mengetahui arah penyebaran batuan. Terutama dalam pemeemtaan batubara atau batuan sedimen lain yang memiliki pola penyebaran dan memiliki arah strike/dip tertentu karena penyebarannya akan tergantung dari arah strike dan besar kemiringan lereng (dip) dari lapisan batuan tersebut. Mari simak penjelasan berikut! 


Lapisan horizontal akan membentuk pola singkapan yang mengikuti pola garis kontur.


Lapisan dengan kemiringan yang berlawanan dengan arah kemiringan lereng maka kenampakan lapisan akan memotong lembah dengan pola singkapan membentuk huruf “V” yang sudutnya berlawanan dengan arah kemiringan lembah.

Lapisan tegak akan membentuk pola singkapan berupa garis lurus dimana pola singkapan ini tidak dipengaruhi oleh keadaan topografi.


Lapisan yang miring searah dengan arah kemiringan lereng akan membentuk pola singkapan dengan huruf “V” searah dengan arah kemiringan lereng.

Lapisan dengan kemiringan yang searah dengan kemiringan lereng dimana besar kemiringan lapisan lebih kecil dari kemiringan lereng , maka pola singkapannya akan membentuk huruf “V” yang berlawanan dengan arah kemiringan lereng /lembah dan lapisannya biasanya terputus/tidak terhubung.


Lapisan yang kemiringannya hampir Horizontal, kenampakannya hampir mengikuti pola garis kontur namun sedikit memotongnya. 

Jadi, sekian artikel tentang Hukum V ini. Kami meminta maaf apabila masih ada kekurangan atau kesalahan dalam menulis artikel ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua! 

Apabila ada hal yang perlu kita bahas atau jika mengalami kesulitan dalam mendownload file di web ini, silakan hubungi via email ke geomedia.indo@gmail.com

Terima kasih semuanya! 

Comments

Popular posts from this blog

AlpineQuest Pro Paid v2.2.4 (terbaru) Free Download

Mobile Topographer Pro v14.0 (terbaru) Free Download